Senin, 19 Juli 2010

Peningkatan Produksi Padi (masalah & solusi)

Peningkatan Produksi Padi masih menumui kendala sebagai berikut :
  1. Penggunaan benih bermutu dari varietas unggul masih rendah.
Masalah utama pada ketersediaan benih bermutu. Hingga saat ini belum tersedia benih bermutu yang dijual di Toko / Kios Pertanian. Penyedia Benih yang ada sekarang hanya melalui BUMN dan Instalasi Kebun Benih.
Masalah yang lain adalah seringnya bantuan benih kepada petani, sehingga setiap tahun petani/kelompok tani selalu mengharap adanya bantuan dari pemerintah.
Upaya pemecahan masalah ini adalah dengan membuat penangkaran benih pada setiap kelompok tani. Tapi apakah hal ini akan berhasil ? Dan keberhasilan penangkaran pada tiap kelompok tani tidak akan mematikan BUMN pertanian tersebut di atas ?
2. Penggunaan Pupuk secara Benar dan Baik Masih Rendah.
Masalah yang muncul pada penggunaan pupuk antara lain banyaknya penggunaan pupuk tiap hektar lahan sawah. Teknik menaburkan pupuk dia atas permukaan tanah setelah tanam menyebankan banyaknya pupuk yang hanyut bersama air irigasi dan berpindah ke petak sawah yang lain. Teknologi membenamkan pupuk kedalam tanah yang pernah diperkenalkan dulu sebaiknya digalakkan kembali, karena dengan membenamkan kedalam tanah maka pupuk akan terserap kedalam tanah dan tidak hanyut terbawa air irigasi.
Masalah yang lain adalah petani yang dulunya biasa menggunakan pupuk urea sebagai pupuk dasar harus merubah kebiasaan mejadikan Pupuk NPK sebagai pupuk dasar. Untuk menanggulangi masalah ini perlu pembinaan yang lebih intensif oleh Penyuluh Pertanian.
Masalah yang unik dalam hal penggunaan pupuk adalah kepemilikan lahan. hal ini banyak dijumpai pada bagian selatan Luwu. Galung Mana' lahan sawah yang pengelolaannya berganti-ganti setiap tahun atau setiap musim tanam. Hal ini menyebabkan petani hanya menggunakan pupuk seadanya. Bahkan seandainya petani tersebut diberi bantuan pupuk.

Pengembangan Pisang Cavendish di Kecamatan Larompong Selatan

Pada tahun 2022 Kecamatan Larompong Selatan mendapatkan batuan pemerintah berupa bibit pisang cavendish. Bantuan bibit tersebut adalah bibit...