Jumat, 29 Oktober 2010

Koordinasi dan Sosialisasi Pengembangan Sayuran Organik

Koordinasi dan Sosialisasi Pengembangan Sayuran Organik yang kami ikuti di Hotel Losari Metro Makassar dari tanggal 26 - 27 Oktober 2010 menghasilkan beberapa hal yang patut untuk dipertimbangkan antara lain:
  1. Pertanian organik adalah Sistem pertanian yang ramah lingkungan, mengutamakan pemberdayaan alam, bernilai ekonomis dan berwatak kemasyarakatan (selaras dengan norma sosial dan budaya setempat) 
  2. Bahwa pertanian organik mutlak dan harus dilaksanakan disebabkan karena masyarakat semakin sadar bahwa sayuran yang bebas pestisida lebih sehat untuk dikonsumsi. 
  3. Semakin banyak permintaan akan sayuran organik yang tidak terpenuhi.
Untuk mewujudkan Pengembangan sayuran organik maka diharapkan penggunaan pupuk organik baik berupa kompos, pupuk kandang atau lainnya yang bersumber dari alam. Dengan mempertimbangkan volume kebutuhan yang besar sekitar 20 ton /ha maka pembuatan pupuk organik seperti kompos dilakukan pada lokasi pertanaman.
Penggunaan dekomposer yang berperan sebagai penghancur bahan organik sebaiknya diisolasi dari lokal wilayah.

Pengembangan Pisang Cavendish di Kecamatan Larompong Selatan

Pada tahun 2022 Kecamatan Larompong Selatan mendapatkan batuan pemerintah berupa bibit pisang cavendish. Bantuan bibit tersebut adalah bibit...