Kamis, 02 September 2010

Antraks

  • Definisi / Pengertian
Penyakit antraks atau radang limpa merupakan penyakit yang disebabkan oleh  Bakteri Bacillus anthracis pada kebanyakan spesies hewan seperti sapi, kerbau, kambing, domba,kuda,babi, rusa,burung unta. Antraks telah tersebar diseluruh dunia terutama di negara tropis namun umumnya terbatas pada beberapa wilayah saja. Antraks disebabkan oleh Bacillus anthracis, dan bakteri ini dapat membentuk spora bila terdedah udara dan tahan hidup hidup di tanah, di lingkungan yang panas dan bahan kimia atau desinfektan. Apabila terjadi perubahan ekologik seperti datangnya musim hujan, spora yang semula bersifat laten akan berkembang dan meningkat populasinya.
  • Cara Penularan
Sumber utama penularan antraks pada hewan adalah tanah yang tercemar dan air yang masuk tubuh melalui luka, terhirup bersama udara atau tertelan.
  • Gejala Serangan
Gejala yang menciri akibat serangan antraks adalah gejala septisemia yang ditandai adanya kematian mendadak dan perdarahan bersifat sianotik dari lubang-lubang alami. Di daerah endemik, terjadinya kematian mendadak pada sapi harus diwaspadai ada kemungkinan terserang antraks.
  • Upaya Pencegahan
1. Tidak menyembelih hewan sendiri (diluar Rumah Potong Hewan).
2. Melaporkan ke instansi terkait jika ada hewan demam tinggi atau mati mendadak.
3. Membeli daging dan jeroan hanya pada tempat penjualan daging yang resmi.
4. Memasak daging dengan sempurna atau matang
5. Hindari memakan daging tercema antraks
  •  Bukti Kejadian
Makassar (ANTARA News) 30 Maret 2010 melaporkan bahwa Virus antraks  menyerang warga Desa Tenrigangkae, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, bahkan tiga orang tewas karena terinfeksi. Bahkan, tiga warga yang terlibat dalam pemotongan sapi pada 19 Maret 2010 lalu langsung meninggal, kulit melepuh dan luka di tangan. Satu ibu hamil dinyatakan diare dan satu keluarga gatal-gatal.

Pengembangan Pisang Cavendish di Kecamatan Larompong Selatan

Pada tahun 2022 Kecamatan Larompong Selatan mendapatkan batuan pemerintah berupa bibit pisang cavendish. Bantuan bibit tersebut adalah bibit...