Selasa, 21 Juni 2011

Pupuk Organik


Pupuk Organik ditambahkan pada tanah dengan tujuan utama adalah memperbaiki struktur permukaan lahan disamping itu tujuan lain adalah sebagai sumber hara mikro, perbaikan biologi tanah. Dilapangan ada 4 jenis pupuk organik yaitu : pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk organik granul dan pupuk organik cair. Dalam padangan saya yang bermanfaat secara penuh yaitu pupuk kandang dan pupuk kompos biasa. 

Sedangkan pupuk organik cair tidak dijamin akan memperbaiki struktur tanah. Pupuk jenis  ini dipromosikan terlalu berlebihan oleh penjualnya. Sebagai pengguna mesti kritis dan jangan mudah percaya. Disamping itu kebeanyakan pupuk ini mahal harganya. Bertanyalah kepada aparat pertanian setempat tentang ujicoba pupuk tersebut disekitar anda.

Adapun pupuk organik granul adalah pupuk kompos / kandang ditambah bahan perekat sehingga menjadi pupuk organik granul. Tidak ada standar berapa persen bahan perekat yang digunakan. Oleh karena itu kita sebaiknya menguji kandungan bahan organiknya. Caranya ialah dengan mengambil 1,5 kg pupuk organik granul lalu dihaluskan dan kemudin timbang 1 kg atau 1/2 kg saja untuk diuji. Tempatkan diatas wadah alminium lalu siram dengan alkohol / spritus secukupnya kemudian bakar. Aduk kembali lalu sirami alkohol lagi kemudian dibakar. Dapat diulangi 3 - 4 kali. Selisih berat antara sebelum dibakar dan sesudah dibakar adalah kandungan bahan organik. Jika belum puas adalah uji laboratorium dengan menggunakan peroksida.


Pengembangan Pisang Cavendish di Kecamatan Larompong Selatan

Pada tahun 2022 Kecamatan Larompong Selatan mendapatkan batuan pemerintah berupa bibit pisang cavendish. Bantuan bibit tersebut adalah bibit...